Penghargaan Pelaku Pembangunan Perkebunan Tahun 2018

Penghargaan Pelaku Pembangunan Perkebunan Tahun 2018

Penghargaan Pelaku Pembangunan Perkebunan Tahun 2018 dibagi menjadi 4 (empat) kategori yaitu kelompok tani komoditas kopi, tembakau, kelapa dan cengkeh. Proses verifikasi yang telah dilakukan meliputi aspek administrasi dan aspek teknis yang dilakukan oleh tim penilai yang bersifat independen dan telah dilakukan pada bulan November 2018.

                        Kelompok Tani Mugi Lestari Desa Semedo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas mendapat Juara III untuk kategori kelompok tani komoditas kelapa, berhak mendapat tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp. 8.000.000, (delapan juta rupiah),  Penghargaan diserahkan oleh Kabid P2BU Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Bapak Ir. Harjuli.

                        Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terhadap pelaku pembangunan perkebunan yang ada di Provinsi Jawa Tengah, dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat memacu semangat kelompok untuk lebih maju lagi sehingga dapat mensejahterakan anggotanya.

Kelompok Tani Mugi Lestari berdiri pada tanggal 11 Januari 2014, Kelompok Tani Mugi Lestari merupakan kelompok tani binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas yang bergerak dalam Subsektor Tanaman Perkebunan komoditas kelapa khususnya pengolahan gula kristal organik. Kelompok Tani Mugi Lestari beranggotakan sekitar 60 orang petani/penderes dengan total produksi 4-5 ton gula kristal organik/bulan.

Pengembangan uasaha yang dilakukan oleh POKTAN Mugi lestari yaitu pembuatan pupuk kompos, pembuatan bibit tanaman produktif, ternak kambing, pemanfaatan lahan perhutani (bawah tegakan) dengan tanaman produktif  seperti  kapolaga, jahe, alba, dll, serta diversifikasi produk VCO (Virgin Coconut Oil).

Related Posts

Komentar