“Petani Banyumas Ikuti Bimtek Budidaya Durian Bersama Peneliti Balitbu”

“Petani Banyumas Ikuti Bimtek Budidaya Durian Bersama Peneliti Balitbu”

Sebanyak 41 petani dan 17 Petugas Penyuluh Lapang  asal 8 Kecamatan di Kabupaten Banyumas  mengikuti kegiatan bimbingan teknis budidaya durian di Desa Kebasen Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas pada tanggal 19-20 Mei 2022.

Bimtek digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas. Dalam kegiatan ini Narasumber merupakan peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika yaitu Bapak Dr. Panca Jarot Santoso.

Dalam sambutannya Sub Koordinator Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas Ibu Iin Dwi Sulistyatik, SP.,MP menyampaikan tujuan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatan keahlian petani dalam budidaya durian. Diharapkan setelah diadakan bimtek para peserta dapat mengimplementasikan apa yang telah dipelajari di lapangan.

Materi yang disampaikan hari pertama adalah cara budidaya durian secara teori dan Tanya jawab. Hari kedua praktik pengaplikasian pupuk dan pemangkasan dahan. Praktik dilaksanakan di kebun durian milik salah satu petani. Para peserta diajarkan dan mencoba langsung untuk mengaplikasikan pupuk dengan cara ditabur  merata di bawah tajuk tanaman sesuai dengan dosisnya. Para peserta bimtek juga meakukan praktik pemangkasan pada dahan pohon durian yang kurang produktif seperti dahan yang rusak dan tua.

Kabupaten Banyumas telah mengembangkan durian varietas Lokal Kromo Banyumas yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Harga durian dipetani berkisar Rp 75.000-Rp100.000/kg, serta memiliki rasa yang lebih enak dengan tekstur yang tebal dan lembut.

Related Posts

Komentar