Ratusan Kepala Keluarga Rawan Pangan Terima Bantuan Beras

Ratusan Kepala Keluarga Rawan Pangan Terima Bantuan Beras

BANYUMAS - Pemerintah Kabupaten Banyumas menyalurkan bantuan beras bagi ratusan orang kategori rawan pangan di Desa Karangbawang Kecamatan Ajibarang. Desa  ini merupakan wilayah rentan pangan dengan klasifikasi prioritas 1 berdasarkan peta Ketahanan dan Kerentanan pangan (FSVA) Kabupaten Banyumas Tahun 2019. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Banyumas H.Ir. Ahmad Husein kepada perwakilan warga di Balai Desa Karangbawang, Selasa (09/02/2021).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dinpertan dan KP) Kabupaten Banyumas Ir. Jaka Budi Santosa, MM. menjelaskan, sebanyak 220 kepala keluarga kategori rawan pangan masing-masing menerima bantuan lima kilogram beras.

“untuk  mengatasi permasalahan kejadian rawan pangan kronis maupun transien, dibutuhkan intervensi berupa tindakan yang tepat dan cepat dilakukan oleh pemerintah bersama-sama masyarakat. Rawan pangan yang bersifat kronis perlu intervensi jangka menengah dan panjang, sedangkan transien perlu intervensi jangka pendek tanggap darurat yang bersifat segera,” terangnya.

Dalam sambutannya Bupati Banyumas menyampaikan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah saat ini merupakan komitmen pemerintah untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat rentan pangan yang saat ini terdampak pandemi covid 19.

“sudah hampir satu tahun kita semua menjadi warga yang terdampak dan berharap dapat memenuhi sebagian kebutuhan pangan masyarakat, sehingga bisa mengurangi pengeluaran dalam pemenuhan kebutuhan pangan di wilayah rentan pangan,” tegasnya di hadapan perwakilan warga penerima bantuan.

Pada akhir sambutannya Bapak Bupati menyampaikan warga masyarakat untuk senantiasa Menerapkan Protokol Kesehatan covid 19.

“Selalu memakai masker , menjaga jarak dan  mencuci tangan, serta dukung usaha kerja keras dalam penanganan daerah rawan pangan sehingga Kabupaten Banyumas dapat mewujudkan visinya sebagai Kabupaten pelopor kedaulatan pangan,” tambahnya

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas,  Ketua Komisi II DPRD  Kabupaten Banyumas, dan jajaran unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Ajibarang.

Related Posts

Komentar