PELETAKAN BATU PERTAMA LPM GAPOKTAN "NGUDI TANI" DESA KARANGPETIR KECAMATAN TAMBAK

PELETAKAN BATU PERTAMA LPM GAPOKTAN "NGUDI TANI" DESA KARANGPETIR KECAMATAN TAMBAK

Gapoktan Ngudi Tani Desa Karangpetir Kecamatan Tambak merupakan salah satu gapoktan penerima kegiatan Pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan sarana pendukungnya yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Penugasan Bidang Pertanian Tahun 2022.

Pada tanggal 6 September 2022 telah dilaksanakan peletakan batu pertama untuk pekerjaan swakelola pembangunan gudang lumbung, lantai jemur dan rumah Rice Milling Unit (RMU) di lokasi pembangunan LPM. Hadir dalam acara Kepala Dinpertan dan KP yang diwakili oleh Kabid Ketahanan Pangan, Ir. Udiarto, MT, Forkopimcam Tambak, Kepala Desa Karangpetir beserta perangkatnya, Gapoktan Ngudi Tani beserta seluruh ketua Pokta yang tergabung dalam gapoktan, Direksi BUMP Kab. Banyumas PT. Bawor Tani Sejahtera, Ketua Perpadi Kecamatan Tambak, Penyuluh Pertanian Kecamatan Tambak dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan ini, Kabid Ketahanan Pangan Dinpertan dan KP menyampaikan bahwa pembangunan LPM DAK selain pekerjaan yang dilaksanakan secara swakelola terdapat pekerjaan yang dilaksanakan melalui penyedia yang masih merupakan rangkaian kegiatan pembangunan LPM dan sarana pendukungnya, yaitu pembangunan rumah bed dryer, pengadaan mesin RMU dan bed dryer dengan total nilai 1 paket kegiatan adalah 1 Milyar rupiah. Selain itu juga akan diisi GKG dari APBD Kabupaten Banyumas untuk dikelola oleh Gapoktan. Camat Tambak yang diwakili oleh Sekcam menyampaikan bahwa dengan adanya pembangunan LPM di Desa Karangpetir dapat memberi dampak positif bagi masyarakat di wilayah desa pada khususnya dan Kecamatan Tambak pada umumnya. Kepala Desa Karangpetir dan Ketua Gapoktan menyampaikan terima kasih kepada Dinas yang telah memberi bantuan ini dan akan memanfaatkan bantuan secara maksimal agar dapat membantu peningkatan usaha gapoktan dan sebagai cadangan pangan masyarakat. Dirut BUMP juga menyampaikan dukungan kepada kegiatan LPM di Gapoktan Ngudi Tani karena gapoktan ini merupakan salah satu anggota BUMP.

Pembangunan LPM Gapoktan Ngudi Tani dibangun di atas tanah milik gapoktan. Gapoktan lain penerima bantuan LPM yang akan segera menyusul pembangunannya adalah Gapoktan Sri Lestari Desa Karanglo Kecamatan Cilongok, Gapoktan Margo Kencono Desa Margasana Kecamatan Jatilawang dan Gapoktan Mugi Rahayu Desa Petarangan Kecamatan Kemranjen yang pembangunannya menggunakan lahan milik desa dengan model pemanfaatan Bangun Guna Serah (BGS).

Diharapkan dengan adanya pembangunan LPM (Lumbung Pangan Masyarakat) yang baik dapat mewujudkan tercapainya output berupa tersalur dan termanfaatkannya dana bantuan pemerintah baik, tersedianya cadangan pangan masyarakat dan berjalannya kegiatan usaha ekonomi produktif kelompok LPM/Gapoktan yang selanjutnya dapat berdampak pada tercukupinya kebutuhan pangan anggota kelompok sepanjang waktu serta meningkatnya pendapatan anggota LPM.

Related Posts

Komentar