Bimtek Budidaya Alpukat Bersama Mahasiswa UNSOED

Bimtek Budidaya Alpukat Bersama Mahasiswa UNSOED

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas mengadakan kegiatan bimbingan teknis budidaya Alpukat pada tanggal 15 Februari 2022 di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas. Alpukat dipilih sebagai komoditas dalam bimtek ini, dikarenakan Alpukat merupakan buah yang banyak diminati karena memiliki banyak manfaat dan harganya yang terjangkau. Harga alpukat di petani berkisar Rp 25.000-35.000/kg.  Dengan demikian alpukat memiliki prospek yang bagus dari segi pemasaran.

Peserta Bimtek berasal dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Nantinya pengetahuan yang didapatkan dalam bimtek akan diterapkan untuk kegiatan bina desa yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Agribisnis.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Iin Dwi Sulistyatik, SP.,MP selaku Subkoordinator Tanaman Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas. Dalam kegiatan ini narasumber menyampaikan teknis budidaya alpukat mulai dari syarat tumbuh tanaman, pemilihan bibit unggul, persiapan lahan, penanaman bibit, dan pemeliharaan tanaman termasuk pemupukan dan pengendalian OPT.

Selain mendapatkan teknik budidaya alpukat secara teori, peserta juga mencoba langsung untuk praktik menanam  bibit alpukat di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas.

Related Posts

Komentar